Contoh bahan pengawet makanan alami dan buatan

Contoh bahan pengawet makanan yang alami adalah gula merah, gula pasir, dan garam. Sedangkan contoh bahan pengawet buatan adalah asam benzoat, kalsium benzoat, asam propinat, asam sorbat, kalium sorbat, belerang dioksida, dan natrium benzoat.
Contoh bahan pengawet makanan alami dan buatan

Tujuan pengawetan pada makanan adalah agar kondisi makanan tetap awet dan terhindar dari mikroorganisme yang dapat merusak makanan. Dengan adanya pengawetan bahan makanan dapat diperpanjang.
Selain dengan menambahkan bahan pengawet pada makanan, cara lain yang dapat dilakukan tanpa bahan pengawet adalah dengan cara fisik adalah sebagai berikut:
a. pendinginan
b. pemanasan
c. penyinaran
d. pengeringan
e. pengalengan
f. pengasapan
g. pembekuan
Secara biologis, pengawetan bahan makanan adalah dengan cara peragian atau fermentasi dan penambahan enzim.
Bahan Pengawet Yang Sering Kita Temukan
Asam Benzoat
Contoh penggunaan asam benzoat pada saus, kecap, selai, dan nata de coco. Mungkin kalian pernah membaca “komposisi” pada pembuatan saus atau kecap. Disitu tertulis salah satu komposisinya adalah asam benzoat.
Asam Asetat
Asam asetat ini nama lainnya adalah cuka. Cuka mudah kita temukan di warung-warung terdekat. Di tempat makan seperti warung bakso atau mie ayam biasanya tersedia cuka sebagai penambah rasa sedap makanan. asam asetat atau cuka juga biasa digunakan sebagai bahan pengawet pada saus.
Bahan Pengawet Makanan Yang Dilarang
Contoh bahan pengawet makanan yang dilarang adalah boraks dan formalin. Penggunaan boraks sebernarnya pada plastik, cat, pembersih, detergen, dan desinfektan. Sifat boraks ini adalah anti kuman sehingga benda yang diawetkan dengan boraks dapat bertahan lama. Namun akhir-akhir ini boraks banyak digunakan oleh pedagang yang nakal. Makanan yang sering ditambah boraks adalah sosis, bakso, dan tahu.

Demikian juga bahan pengawet formalin yang dipakai pedagang nakal agar makanannya tetap awet. Contoh makanan yang mengandung formalin adalah mie, ikan asin, bakso, dan makanan basah lainnya.

0 Response to "Contoh bahan pengawet makanan alami dan buatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel