Macam-macam stek dan contohnya

Pengertian perkembangbiakan dengan stek adalah perkembangbiakan dengan cara menanam pada bagian tertentu dari tumbuhan tanpa menunggu tumbuhnya akar baru pada bagian tenaman tersebut. Macam-macam stek tumbuhan ada dua yaitu stek batang dan setek daun. Contoh stek batang adalah tanaman ketela pohon, tebu, sirih, dan jambu air. Sedangkan contoh tanaman yang dapat di stek daun adalah tanaman cocor bebek, sri rejeki, dan begonia.
Perkembangbiakan tanaman secara stek termasuk perkembangbiakan secara vegetatif yang artinya tanpa melakukan perkawinan. Cara stek ini ternyata lebih mudah dibandingkan dengan cara perkembangbiakan vegetatif lainnya. Berikut ini saya akan menjelaskan dua hal mengenai stek batang dan stek daun.

Macam-macam stek dan contohnya
 1. Stek batang
Ciri-ciri tanaman yang bisa di stek batang adalah potongan batang tumbuhan yang akan di stek memiliki ruas-ruas atau memiliki mata yang nantinya bisa tumbuh tunas baru. Batang yang akan di stek harus yang sudah tua sehingga tunas baru bisa tumbuh pada bagian ruas-ruasnya. Batang tanaman yang sudah dipotong hendaknya ditanam pada tanah yang gembur agar lebih mudah tumbuh kemudian tanahnya juga harus cukup lembab.
Contoh tanaman yang bisa dilakukan stek batang adalah sirih, jambu air, dan ketela pohon. Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin sering melihat petani sedang menanam batang pohon ketela yang nantinya bisa tumbuh dan menjadi pohon ketela yang baru. Selain itu tanaman daun sirih juga bisa dilakukan dengan stek dan sangat mudah sekali kalau kita menanamnya.
contoh stek daun
2. Stek daun
Cara perkembangbiakan dengan stek daun adalah dengan menanam daun tanaman yang sudah tua (cukup tua) yang akan tumbuh tunas baru. Pada umumnya stek daun ini sering diterapkan pada tanaman hias seperti sri rejeki, begonia, dan cocor bebek. Lah yang sering kita jumpai adalah cocor bebek. Kita letakkan daun cocor bebek yang sudah tuan dan berwarna hijau segar pada tanah yang subur maka pada tepi daunnya (lekukan tepi daun) akan tumbuh tunas yang baru.

Jadi kalau mau melakukan stek daun jangan memilih daun tanaman yang sudah layu ataupun berwarna kuning. Tanah yang digunakan untuk media tanam sebaiknya tanah yang lembab dan gembur. Perkembangbiakan dengan stek daun ini menurut saya paling mudah. Anak kecil saja bisa melakukannya. Setelah tumbuh tunas yang baru kita bisa memindahkan tunas muda tersebut pada pot. Jadi mudah sekali untuk memperbanyak tanaman cocor bebek.

0 Response to "Macam-macam stek dan contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel